Hadiri Rakornas Investasi 2020, DPMPTSP KOTIM Siap Lakukan Percepatan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Timur hadir di acara Rakornas Investasi Tahun 2020 di Jakarta pada Kamis (20/2/2020).  Rakornas Investasi tersebut, dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo yang sekaligus memberikan arahan.

Mendapat berbagai arahan, Kepala DPMPTSP Kotawaringin Timur, Johny Tangkere mengungkapkan, siap melakukan percepatan dan juga kemudahan investasi yang akan masuk.

“Kami sebisa mungkin harus menangkap investasi yang masuk. Dikawal, dimudahkan perizinannya agar investasi bisa maksimal,” ujar Johny.

Presiden juga, lanjut Johny, komitmen untuk menyalurkan Dana Alokasi Daerah (DAK) ke DPMPTSP di seluruh Indonesia. DAK tersebut bisa digunakan untuk peningkatan SDM dan Sosialisasi kepada pelaku usaha. Hal itu untuk mendorong, membantu, agar pelayanan yang diberikan lebih optimal. 

Secara prinsip, dengan adanya permintaan pemangkasan proses perizinan, Johny menyebut, pemerintah pusat sedang membahas aturan Omnibus Law. “Hal-hal yang bisa dihapus, maka dihapus, tapi yang perlu dipertahankan lebih dipermudah persyaratannya, dan dipercepat prosesnya, dengan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dan semangat daerah serta memperhatikan masyarakat lokal” ungkapnya.

Johny berharap, masyarakat juga mendukung investasi di daerah dengan ramah terhadap investor. Mengingat hal tersebut sangat berdampak bagi Pendapatan Asli Daerah dan kesempatan lapangan kerja di daerah, khususnya di Kotim.

“Kalau masyarakat bisa ramah terhadap investasi, dapat dipastikan banyak investor yang ingin berinvestasi di Kotim. Karena hal itu juga akan memberikan pengaruh baik bagi masyarakat Kotim, minimal terbukanya lapangan kerja dan perputaran ekonomi masyarakat Kotim,” tutupnya.