LAYANAN PENGADUAN

Loading
Your message has been sent. Thank you!
...
Pengaduan dari : Stella J Huang

Kepada Yth DPMPTSP Kotawaringin Timur, Salam Sejahtera untuk kita semua. Tanpa mengurangi rasa hormat mohon perkenankan saya untuk memberi kritik, saran ataupun masukan untuk Kantor Mal Pelayanan Publik terutama sekali untuk DPMPTSP Kotim. Atas pengalaman yang sudah saya jalani dalam meminta pelayanan di PTSP sangat masih tergolong mengecewakan dan mengganjal dihati serta kurang sinkron dengan predikat pemberi layanan publik terbaik ke 3 Se Indonesia. Dengan beribu maaf tapi begitu kenyataan yang saya rasakan begitupun dengan rekan saya yang lain. Hal utama yang mengganjal di hati saya adalah cara pelayanan, seyogyanya akan lebih baik petugas front desk jangan terlalu sering berganti – ganti karena ini sangat menghambat kami sebagai Masyarakat yang membutuhkan pelayanan, alangkah baiknya di tugaskan sebagai petugas front desk tetap untuk yang OSS, MPP digital ataupun yang lain. Saya sangat menyarankan seperti pelayanan di Bank ataupun Bapenda yang petugasnya memang sudah tetap/tidak gonta ganti sehingga kami tidak perlu mengulangi lagi keluhan kami dan apa yang kami butuhkan. Di PTSP kami berulang kali mengulang cerita dalam bermohon pengurusan izin, kami berkonsultasi dengan A ternyata A tidak tau, dengan alasan bukan PNS dan bukan bagiannya, dan diarahkan untuk datang lagi keesokan harinya. Saat keesokan harinya ternyata sudah beda lagi yang jaga sehingga kami mengulang lagi cerita terkait keluhan kami yang kemarin dan diakhiri dengan jawaban “saya gak tau”. Jadi alangkah baiknya kalau memang para pegawai non ASN yang jaga semuanya di samakan saja tapi dengan catatan harus diberi pembekalan terkait pengurusan apa saja yang bisa mereka proses dan bagaimana alurnya sehingga tidak ada lagi yang menjawab “tidak tau” “bukan saya yang biasa ngurus” tanpa ada usaha mencari jawaban Atau jika memungkinkan yang bertugas pelayanan ASN semua saja agar tidak ada alasan “saya bukan Pns yang menangani, saya hanya non- Asn” namun sirasa agak tidak adil rasanya jika semua beban kerja ada di ASN namun Kembali lagi kepada kebijakan pimpinan MPP asalkan tidak banyak rolling petugas. Karena saya juga memahami jika pegawai ASN nya yang di tugaskan untuk menjadi petugas front desk tetap akan menjadi agak sulit karena sudah pasti mereka memiliki tugas pokok yang melekat seperti halnya di BAPPENDA yang saya rasa pelayanannya sudah bagus. Selain cara komunikasi pegawai front desk yang saya rasa masih kurang, saya harap Bapak/Ibu Pimpinan MPP atau PTSP bisa memberikan mereka pembekalan atau pelatihan tata cara pelayanan atau norma, karena beberapa kali saya temukan ada yang makan makanan berat, bercanda, membuat video tiktok dan berteriak saat ada rekannya sedang melakukan pelayanan atau bahkan meninggalkan customer saat sudah didepan kursi mereka untuk sekedar mengobrol dengan orang yang mereka kenal sehingga kurang nyaman dilihat dan terkesan kurang ada profesionalisme dalam satu kelompok tersebut. Semoga dengan adanya kritikan ini bisa membangun PTSP lebih baik lagi dan dapat terlihat pantas menyandang predikat peringkat 3 pemberi layanan terbaik seindonesia tersebut.

Jawaban :

Yth. Bapak Stella J Huang Yth. Bapak/Ibu Terima kasih telah menghubungi DPMPTSP Kab. Kotawaringin Timur. Kami selaku DPMPTSP Kabupaten Kotawaringin Timur menerima kritik, saran ataupun masukkan dari Bapak/Ibu untuk kemajuan pelayanan pada Mal Pelayanan Publik khususnya DPMPTSP untuk menjadi lebih baik lagi. Sebagai tindak lanjut saran, masukan dan kritik dari masyarakat, kami telah melakukan evaluasi, pembinaan, pembekalan dan pelatihan terhadap petugas Front Officce (FO) terkait tata cara pelayanan public pada tanggal 15 Desember 2023. Jika bapak/Ibu memiliki kendala/masalah ataupun konsultasi terhadap pelayanan perizinan berusaha maupun non berusaha bisa langsung melalui laman kami dpmptsp.kotimkab.go.id atau melalui email pengaduandpmptspkotim@gmail.com. Bisa juga secara langsung pada ruangan khusus untuk pelayanan pengaduan dan layanan konsultasi di kantor Mal Pelayanan Publik. Salam Hangat, Layanan pengaduan/konsultasi DPMPTSP kabupaten kotawaringin timur.. Demikian yang dapat kami sampaikan, terimakasih.

...
Pengaduan dari : Triresma

Kepada Yth DPMPTSP Kotawaringin Timur, Selamat Siang, sebelumnya saya sudah melihat pengaduan dari sdr. Rosmalia di web ini pada tahun 2022 mengenai OSS dan di tahun 2023 masih belum ada perbaikan untuk petugas yang ada di front desk bagian OSS. Hari ini saya pergi ke MPP bagian DPMPTSP berniat untuk berkonsultasi dan menanyakan terkait perizinan membuka Apotek. Semua hal yang saya tanyakan dijawab dengan "Tidak tahu", "Kurang tau", "Kami juga bingung" tanpa adanya usaha untuk bertanya. Saya bertanya mengenai kontak yang bisa dihubungi juga petugasnya bingung ingin memberi kontak siapa. Sangat tidak profesional. Saya diminta untuk datang kembali hari senin (ini hari Jumat) dengan alasan orang yang paham mengenai hal tsb sedang mengikuti ZOOM dan beliau tidak berani mengganggunya. Apakah ZOOM lebih utama dibanding pelayanan? Dan apakah karena saya masih muda dan tidak menggunakan pakaian dinas jadi diberi pelayanan yang demikian? Dan utk tambahan, saya datang pukul 09.30 pagi, masih didalam jam kerja. Sekian aduan dari saya, untuk perbaikannya saya yakin bapak dan ibu diatas sana lebih paham bagaimana caranya. Terimakasih

Jawaban :

Yth. Bapak Triresma Mohon maaf atas ketidaknyaman pelayanan kami, terkait dengan layanan yang diberikan oleh petugas front office yang berhubungan dengan konsultasi perizinan membuka apotek. Untuk permasalahan ibu tersebut menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan pembinaan terhadap petugas yang bersangkutan. Adapun untuk layanan konsultasi / pengaduan yang ingin ibu tanyakan kami sudah menyediakan ruangan khusus untuk layanan tersebut dipersilakan ibu datang, kami siap melayani terima kasih.. Demikian yang dapat kami sampaikan, terimakasih.

...
Pengaduan dari : Rosmalia

Kepada Yth DPMPTSP Kotawaringin Timur, Dengan segala hormat saya menulis agar dapat menjadi masukan dan harapannya bisa diterapkan. Saya sempat mengurus beberapa hal di PTSP sampit, namun ada beberapa hal yang kiranya perlu diperbaiki terutama pada tenaga pelayanan. Mungkin ada baiknya bila bertutur kata lemah lembut, sopan, tidak mengeluh didepan customer dan menggunakan bahasa indonesia selayaknya pelayanan pada umumnya. Dan untuk pelayanan oss mungkin bisa diberi bimbingan terlebih dahulu sebelum ditunjuk sebagai pelayan oss agar waktu pengurusan data oss bisa lebih efisien dan efektif tanpa menunggu petugas oss bolak balik bertanya kepada petugas lain, sehingga hal tersebut memakan banyak waktu sedangkan kami para customer juga memiliki urusan yang harus kami selesaikan. Sekian masukan dan aduan dari saya, ada baiknya bisa diperbaiki dan ditindak lanjuti demi citra pelayanan masyarakat.

Jawaban :

Yth. Bapak Rosmalia Kami mohon maaf atas keterlambatan respon pengaduan dari saudari Rosmalia. Terima kasih atas saran dan kritik yang diberikan kepada kami (DPMPTSP). Kami akan melakukan pembinaan, pengawasan, peningkatan serta teguran terhadap petugas pelayanan Front Office agar dalam melaksanakan pelayanan menggunakan attitude yang baik dan sopan, dan juga akan diberikan Bintek lebih lanjut terkait pelayanan perizinan melalui Sistem OSS. Dan untuk mencegah kejadian serupa terulang, kami akan menyediakan SDM yang berkompeten dalam melaksanakan pelayanan di DPMPTSP sesuai ketentuan. (Tanggal 30-09-2022). Demikian yang dapat kami sampaikan, terimakasih.

DPMPTSP Kotim Live Chat