Apa aja sih persyaratannya ? Yuk cari tau...
Agar kami dapat meningkatkan pelayanan
Adukan Keluhan anda, Agar kami mengetahuinya
Hubungi kami dari berbagai media
Indeks Kepuasan Masyarakat Periode : 16 Mei 2024 - 16 Juni 2024

93

POLLING

Bagaimana menurut anda tentang website DPMPTSP Kotim Sekarang ?

Pengaduan

Pengaduan Dari :
Stella J Huang

Salam Sejahtera untuk kita semua. Tanpa mengurangi rasa hormat mohon perkenankan saya untuk memberi kritik, saran ataupun masukan untuk Kantor Mal Pelayanan Publik terutama sekali untuk DPMPTSP Kotim. Atas pengalaman yang sudah saya jalani dalam meminta pelayanan di PTSP sangat masih tergolong mengecewakan dan mengganjal dihati serta kurang sinkron dengan predikat pemberi layanan publik terbaik ke 3 Se Indonesia. Dengan beribu maaf tapi begitu kenyataan yang saya rasakan begitupun dengan rekan saya yang lain. Hal utama yang mengganjal di hati saya adalah cara pelayanan, seyogyanya akan lebih baik petugas front desk jangan terlalu sering berganti – ganti karena ini sangat menghambat kami sebagai Masyarakat yang membutuhkan pelayanan, alangkah baiknya di tugaskan sebagai petugas front desk tetap untuk yang OSS, MPP digital ataupun yang lain. Saya sangat menyarankan seperti pelayanan di Bank ataupun Bapenda yang petugasnya memang sudah tetap/tidak gonta ganti sehingga kami tidak perlu mengulangi lagi keluhan kami dan apa yang kami butuhkan. Di PTSP kami berulang kali mengulang cerita dalam bermohon pengurusan izin, kami berkonsultasi dengan A ternyata A tidak tau, dengan alasan bukan PNS dan bukan bagiannya, dan diarahkan untuk datang lagi keesokan harinya. Saat keesokan harinya ternyata sudah beda lagi yang jaga sehingga kami mengulang lagi cerita terkait keluhan kami yang kemarin dan diakhiri dengan jawaban “saya gak tau”. Jadi alangkah baiknya kalau memang para pegawai non ASN yang jaga semuanya di samakan saja tapi dengan catatan harus diberi pembekalan terkait pengurusan apa saja yang bisa mereka proses dan bagaimana alurnya sehingga tidak ada lagi yang menjawab “tidak tau” “bukan saya yang biasa ngurus” tanpa ada usaha mencari jawaban Atau jika memungkinkan yang bertugas pelayanan ASN semua saja agar tidak ada alasan “saya bukan Pns yang menangani, saya hanya non- Asn” namun sirasa agak tidak adil rasanya jika semua beban kerja ada di ASN namun Kembali lagi kepada kebijakan pimpinan MPP asalkan tidak banyak rolling petugas. Karena saya juga memahami jika pegawai ASN nya yang di tugaskan untuk menjadi petugas front desk tetap akan menjadi agak sulit karena sudah pasti mereka memiliki tugas pokok yang melekat seperti halnya di BAPPENDA yang saya rasa pelayanannya sudah bagus. Selain cara komunikasi pegawai front desk yang saya rasa masih kurang, saya harap Bapak/Ibu Pimpinan MPP atau PTSP bisa memberikan mereka pembekalan atau pelatihan tata cara pelayanan atau norma, karena beberapa kali saya temukan ada yang makan makanan berat, bercanda, membuat video tiktok dan berteriak saat ada rekannya sedang melakukan pelayanan atau bahkan meninggalkan customer saat sudah didepan kursi mereka untuk sekedar mengobrol dengan orang yang mereka kenal sehingga kurang nyaman dilihat dan terkesan kurang ada profesionalisme dalam satu kelompok tersebut. Semoga dengan adanya kritikan ini bisa membangun PTSP lebih baik lagi dan dapat terlihat pantas menyandang predikat peringkat 3 pemberi layanan terbaik seindonesia tersebut.

Pengaduan Dari :
Triresma

Selamat Siang, sebelumnya saya sudah melihat pengaduan dari sdr. Rosmalia di web ini pada tahun 2022 mengenai OSS dan di tahun 2023 masih belum ada perbaikan untuk petugas yang ada di front desk bagian OSS. Hari ini saya pergi ke MPP bagian DPMPTSP berniat untuk berkonsultasi dan menanyakan terkait perizinan membuka Apotek. Semua hal yang saya tanyakan dijawab dengan "Tidak tahu", "Kurang tau", "Kami juga bingung" tanpa adanya usaha untuk bertanya. Saya bertanya mengenai kontak yang bisa dihubungi juga petugasnya bingung ingin memberi kontak siapa. Sangat tidak profesional. Saya diminta untuk datang kembali hari senin (ini hari Jumat) dengan alasan orang yang paham mengenai hal tsb sedang mengikuti ZOOM dan beliau tidak berani mengganggunya. Apakah ZOOM lebih utama dibanding pelayanan? Dan apakah karena saya masih muda dan tidak menggunakan pakaian dinas jadi diberi pelayanan yang demikian? Dan utk tambahan, saya datang pukul 09.30 pagi, masih didalam jam kerja. Sekian aduan dari saya, untuk perbaikannya saya yakin bapak dan ibu diatas sana lebih paham bagaimana caranya. Terimakasih

Pengaduan Dari :
Rosmalia

Dengan segala hormat saya menulis agar dapat menjadi masukan dan harapannya bisa diterapkan. Saya sempat mengurus beberapa hal di PTSP sampit, namun ada beberapa hal yang kiranya perlu diperbaiki terutama pada tenaga pelayanan. Mungkin ada baiknya bila bertutur kata lemah lembut, sopan, tidak mengeluh didepan customer dan menggunakan bahasa indonesia selayaknya pelayanan pada umumnya. Dan untuk pelayanan oss mungkin bisa diberi bimbingan terlebih dahulu sebelum ditunjuk sebagai pelayan oss agar waktu pengurusan data oss bisa lebih efisien dan efektif tanpa menunggu petugas oss bolak balik bertanya kepada petugas lain, sehingga hal tersebut memakan banyak waktu sedangkan kami para customer juga memiliki urusan yang harus kami selesaikan. Sekian masukan dan aduan dari saya, ada baiknya bisa diperbaiki dan ditindak lanjuti demi citra pelayanan masyarakat.

Dapatkan Informasi Seputar DPMPTSP Kabupaten Kotawaringin Timur

Berita

Kunjungan Ombudsman RI ke MPP Habaring Hurung
Selengkapnya
DPMPTSP Kotim Adakan Rapat Koordinasi terkait Pembangunan Mall Syariah
Selengkapnya
Bea Cukai Sampit adakan FGD "UMKM Empowerment Forum"
Selengkapnya
DPMPTSP Kotim Live Chat