Pemprov Kalteng Gelar Bimtek Survei Kepuasan Masyarakat dan Konsultasi Publik

PALANGKA RAYA – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Katma F. Dirun, membuka kegiatan Bimbingan Teknis Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (21/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Katma F. Dirun menjelaskan, bahwa untuk mengetahui kualitas kinerja pelayanan publik diperlukan adanya data penilaian terhadap kinerja pelayanan yang berbasis pada pendapat masyarakat, salah satunya melalui Survei Kepuasan Masyarakat untuk mendapatkan Indeks Kepuasan Masyarakat.

Pada tahun 2021 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan kegiatan pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat pada Perangkat Daerah Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan memperoleh Nilai Rata-Rata (NRR) 85,26 yang dikategorikan Baik.

“Apabila mengamati hasil laporan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat pada tahun 2021, perlu dilakukan peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menuju pelayanan publik berkualitas dunia”, tutur Katma F. Dirun.

 Untuk itu, kepada semua Unit Penyelenggara Pelayanan Publik agar memperhatikan beberapa hal seperti tingkatkan kualitas pelayanan ke arah yang lebih baik lagi, dengan melakukan inovasi pelayanan publik yang dapat diterima oleh masyarakat.

Selanjutnya, berikan pendidikan dan pelatihan secara intensif kepada petugas, sehingga dapat semakin profesional dalam melaksanakan tugas pelayanan publik. Perbaiki sistem penanganan pengaduan publik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga seluruh pengaduan dapat diatasi dengan cepat dan transparan.

Terakhir, berikan informasi secara jelas kepada masyarakat mengenai persyaratan pelayanan publik yang harus dipenuhi, dengan menambah jumlah media informasi, dan mengatur penempatannya sehingga informasi dapat dibaca jelas oleh publik.

“Oleh karena itu, saya berharap kegiatan bimbingan teknis yang difasilitasi oleh Kementerian PANRB ini mampu menjadi momentum tepat dalam upaya mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik yang terukur, serta penetapan prioritas pelaksanaan Forum Konsultasi Publik dalam kerangka transparansi dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik, khususnya pada Pemerintah Daerah se-Provinsi Kalimantan Tengah,” harapnya.

Dia mengajak untuk terus memperkuat komitmen dan sinergi kita bersama, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang profesional dan prima bagi masyarakat Kalimantan Tengah, demi terwujudnya Kalimantan Tengah Makin BERKAH.

Live Chat